Cara Mudah Buat Video dengan Filmora

 Oleh : Liezna Nasaru


Semangat Pagi semuanya..! Masih setia bersama Bu Guru di sini yang akan memberikan tips-tips seputar teknologi terkini dalam dunia Pendidikan. Setelah absen beberapa waktu, kembali Bu Guru akan mengajak belajar bagaimana membuat sebuah Video Pembelajaran dengan menggunakan aplikasi editing video "Filmora".

Apa itu Video Pembelajaran ?

Sebelum melangkah ke materi pembuatan Video, seperti biasa Bu Guru akan menjelaskan apa itu defenisi Video Pembelajaran. Video Pembelajaran berasal dari dua kata yaitu Video dan Pembelajaran. Menurut beberapa sumber yang Bu Guru rangkum, 
  • Video adalah merupakan serangkaian gambar gerak yang disertai suara yang membentuk satu kesatuan yang dirangkai menjadi alur, dengan pesan-pesan didalamnya untuk ketercapaian tujuan pembelajaran yang disimpan dengan proses media penyimpanan pada media pita atau disk (Arsyad, 2004:36 dalam Rusman dkk, 2011:218)
  • Pembelajaran adalah suatu proses komunikasi antara pembelajar, pengajar dan bahan ajar. (Oemar Humalik, 1989:12 dalam Hujair 2010:4)  
  • Video Pembelajaran adalah suatu media yang dirancang secara sistematis dan berpedoman pada kurikulum yang berlaku dan dalam pengembangannya mengaplikasikan prinsip-prinsip pembelajaran sehingga program tersebut memungkinkan peserta didik mencermati materi pelajaran secara mudah dan menarik. (Pusdatin Kemendikbud, 2020:1 dalam Modul 10 Pembuatan Media Video Pembelajaran 2020:7) 

Karakteristik Media dan Tahapan Pembuatan Video Pembelajaran

Bagaimana karaktristik dari Media Video Pembelajaran ? Dapat dilihat pada gambar berikut ini.


Dari tiga tahapan video ini Bu Guru akan langsung ke tahapan yang ke tiga, yaitu pasca produksi (editing video) dengan asumsi bahwa untuk tahap satu dan tahap 2 sudah selesai. Proses editing video kali ini akan menggunakan aplikasi Filmora.

Apa itu aplikasi Filmora ?

Filmora adalah merupakan salah satu aplikasi PC/Laptop yang dibuat oleh Wondershare untuk editing video. Ada banyak aplikasi editing video yang digunakan oleh para editor video, namun untuk Wondershare Filmora menjadi referensi yang baik untuk editor video pemula.  

Kelebihan dan Kekurangan Filmora

1. Kelebihan 
    - Aplikasi ringan
    - Pengoperasiannya sangat mudah
    - Proses editing bisa lebih cepat
    - Banyak efek yang tersedia
2. Kekurangan
    - Tidak leluasa mengedit yang sesuai yang diinginkan.
    - Harus mengunduh terlebih dahulu fitur efek yang diinginkan 

Spesifikasi PC/Laptop 

1. Sistem Operasi : Windows XP/Vista/7/8/10
2. Prosesor : Intel atau AMD Prosesor 1 GHz atau diatasnya
3. RAM : Minimal 512 M, RAM Fisik

Pengenalan Filmora 

Bu Guru akan bekerja menggunakan aplikasi Filmora dengan asumsi aplikasi ini sudah diinstal di PC/Laptop. Untuk aplikasi Filmora Bu Guru menggunakan versi 8.76 (aplikasi Filmora dapat di download disini). Untuk contoh tutorial kali ini, hanya mengambil sampel video satu slide/scene. Selanjutnya dapat dikembangkan sendiri untuk membuat sebuah Video Pembelajaran.


Bu Guru akan memulai dengan menentukan aspek rasio video. Ada empat pilihan rasio, 16:9 (widescreen), 4:3 (standart), 1:1 (Instagram), dan 9:16 (Portrait). Namun untuk pembuatan video  pembelajaran sangat disarankan untuk menggunakan rasio 16:9.


Pengenalan area kerja pada aplikasi Filmora. Bu Guru memberi keterangan dan nomor pada area yang ada dalam filmora. Bu Guru menggunakan fitur Full Mode (full fature mode).


Penjelasan gambar :
  1. Media Library, merupakan tempat atau sumber untuk semua media, termasuk di dalamnya adalah gudang transisi, efek dan berbagai aset yang dapat digunakan, baik itu yang default dari aplikasi maupun yang sudah kita download atau upload ke aplikasi.
  2. Tools atau Toolbar, merupakan tempat yang berisi kumpulan peralatan perintah dalam bentuk ikon untuk memudahkan mengidentifikasi menu yang akan digunakan dalam mengedit projek pada timeline.
  3. Timeline, merupakan tempat untuk mengedit media termasuk didalamnya memotong, mengubah ukuran, menambah teks, musik atau gambar. 
  4. Display Window, merupakan jendela tampilan untuk menampilkan pratinjau video yang diedit pada timeline. Ketika posisi playhead di bawahnya berjalan, akan ditunjukan waktu/durasi dari video yang diedit.
  5. Media, merupakan tempat untuk display media serta library yang dipilih.

Bekerja dengan Filmora

1. Mengambil / mengimport file video ke aplikasi Filmora.

Dapat dilakuka dengan 2 cara yaitu : bisa melalui menu import(1) atau bisa langsung mengklik area kerja yang berwarna biru(2). Tampilan ini akan ada ketika pertama kali membuka aplikasi filmora, selanjutnya untuk menambahkan media ke area kerja pilih import yang ditunjukkan oleh nomor 1.

2. Mengedit video

Setelah video pembelajaran dimasukkan ke timeline, pratinjuau video akan ditampilkan pada jendela tampilan. Siap untuk melakukan pengeditan, apakah mau memotong, menambah teks / gambar atau manmbah musci (backsound). Jika ingin meotong video, karean dirasa terlalu panjang durasinya menggunakan fasilitas cut (gambar gunting). Caranya dengan mengatur posisi timeline ke posisi yang diinginkan kemudian klik cut atau ikon gunting yang berada pada sisi bawah timeline.

3. Menggunakan Green Screen

Bila menggunakan Greenscreen, maka harus menambah atau mengimport gambar/video yang akan dijadikan latar belakang. Caranya sama seperti saat melakukan import video pada langkah 1. Untuk posisi gambar/video yang akan menjadi background harus berada pada line 1/layar 1 (paling atas) dan untuk video dengan green screen berada pada layer 2. Untuk menambahkan video ke layer 2, bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu : klik kanan pada video, pilih apply to PIP atau bisa juga dengan metode drag and drop. (tekan dan seret video ke timeline layer 2). Akan didapat tampilan layer seperti ini.


  4. Mengubah ukuran Gambar 


Posisi gambar layar 1 yang akan dijadikan background jika belum sesuai ukuran aspek rasio 16:9, dapat disesuaikan dengan mengubah ukurannya dapat di crop atau zoom tergantung kebutuhan. Klik ikon segi empat dengan garis diagonal seperti yang ditunjukan oleh gambar. 



Setelah ukurannya disesuaikan dengan rasio 16:9, kemudian klik OK untuk menerapkan perubahan yang dibuat.

5.  Menghapus layar Greenscreen


Sekarang Bu Guru akan mengajak mengganti background dari greenscreen ke beckground layar 1. Klik video yang ada pada layer 2 (green screen) kemudian arahkan kursor ke toolbar ikon layar bersusun. Seperti yang ditunjukkan oleh gambar di atas. 


Untuk dapat menghapus latar hijau, pastikan untuk aktif pada tab menu effect, centang kotak putih untuk menghilangkan latar hijau. Seperti tampilan gambar di bawah ini.


Untuk mengatur level intensitas warna dapat menggeser button yang ada di bawahnya. Sesuaikan dengan tingkat kecerahan gambar. Untuk gambar ini Bu Guru mengambil default 30. Kemudian klik OK. Ukuran video layar 2 bisa disesuaikan dengan kebutuhan dengan cara mengklik sudut garis yang ada (jika gambar ada tanda plus). 

6. Menambahan Teks, Musik, atau Gambar 


Pada menu toolbar yang ikon yang lambag T dengan keterangan teks (pada gambar, Teks sedang aktif ditandai dengan warna merah). Pilih salah satu jenis teks yang diinginkan. Untuk menambahkan teks, perlu diperhatikan adalah jenis teks yang akan ditambahkan. Apakah teks untuk judul, sub judul atau subtitle. Untuk contoh kali ini Bu Guru akan mengambil jenis teks Lower Thrid1. Klik double pada jenis teks untuk menambahkan pada timeline atau bisa dengan mengklik lambang plus (+) yang ada pada tengah teks. 



Untuk menerapkan perubahan klik Ok. Lakukan hal yang sama jika ingin menambahkan Musik pada Video.  

7. Export Video


Agar video yang dibuat dapat ditonton oleh orang lain, maka video tersebut harus diexport ke dalam bentuk MP4.  Export adalah menyalin ke dalam bentuk ekstensi yang berbeda. Bu Guru memilih MP4 agar dapat di upload ke Youtube atau di tonton melalui HP. Sebelum menekan tombol export, yang perlu diperhatikan adalah menyimpan file hasil export. Ketikkan nama pada kolom nama file dan pilihlah folder yang diinginkan pada kolom save to. Setelah itu klik Export.

Berikut contoh video pembelajaran yang Bu Guru buat dengan menggunakan aplikasi Filmora.


Untuk hari ini, sekian dulu belajar editing Video bersama Bu Guru dengan menggunakan aplikasi Filmora. Semoga bermanfaat ya.

Sekian dan Terima Kasih. 
Salam Literasi.

Related

Video 7696197835839860429

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Me !

Blogger news

Trending

Arsip Berita

Tayangan

Tabs

item