Membuat Desain Infografis dengan "Canva"

Halo Semua.. Jumpa lagi dengan Bu Guru. Semoga ada yang selalu menantikan kehadiran Bu Guru. Tentunya menantikan untuk belajar bersama-sama dengan Bu Guru dengan hal-hal baru setiap harinya. Ya, hari ini Bu Guru akan mengajak belajar tentang membuat "Infografis dengan Canva". 



Seperti biasa, Bu Guru akan menjelaskan aplikasi apa yang akan kita pelajari kali ini. Canva adalah platform desain grafis yang digunakan untuk membuat grafik, presentasi, poster, dokumen dan konten visual media sosial lainnya (Wikipedia). Aplikasi canva sudah menyertakan templete untuk digunakan pengguna.

Bagaimana mengakses Canva? Seperti biasa Bu Guru menggunakan browser chrome, untuk mengakses canva silakan ketikan pada address barnya url : www.canva.com
Jika telah berhasil masuk ke situs web canva, maka tampilannya akan seperti ini.


Sama seperti halnya di Powtoon, untuk membuat akun di canva juga harus mendaftar terlebih dahulu dengan mengklik tombol Sign Up. Akan ada 3 pilihan untuk mendaftar ke canva, apakah menggunakan akun Google, Akun Facebook atau kita menginput sendiri e-mail kita (tentunya dengan domain selain google). Bu Guru sekali lagi menggunakan akun Google. Untuk setiap aplikasi Bu Guru selalu menggunakan satu akun untuk semua.

Jika telah berhasil mendaftar, selanjutnya akan diarahkan untuk memilih profesi. Bu Guru memilih sebagai Teacher-lah tentunya. 


Untuk mulai membuat desain, silakan klik Create a design yang berada di ujung kanan atas disamping inisial nama profil.


Bisa juga langsung memilih pilihan menu dibawah, apakah mau membuat poster, flyer, infographic, presntation dan sebagainya. Disini Bu Guru akan membuat sebuah infografis, jadi Bu Guru langsung memilih menu Infografis. 


Disini ada bermacam-macam templete yang disediakan oleh canva. Tapi teliti bin hati-hati dalam memilih templete. Karena kalau kita salah memilih templete dan templete yang terpilih adalah yang pro alias berbayar, nantinya saat akan didownload pasti akan meminta untuk membayar 😊. 
Untuk templete yang akan digunakan kali ini,  Bu Guru memilih yang Timeline atau Linimasa. Bisa langsung ketik di kolom search atau bisa dengan membuat desain sendiri dengan memilih create a blank infographic.

Silakan disesuaikan templetenya dengan kebutuhan. Kalau ada yang mau ditambahkan tinggal klik tools yang ada disamping kiri. Sama seperti yang ada di powtoon, di canva juga kita bisa menyisipkan gambar, latar belakang, video, teks, elemen bahkan bisa disisipkan Barcode untuk Infografis kita nantinya. Semuanya ada pada tool yang di sebelah kiri. Scrol ke bawah kemudian pilih more dan pada lajur kanan akan muncul berbagai pilihan untuk share. Pilih Barcode untuk meyisipkan kode barcode.



Jika sudah silakan didownload dalam bentuk yang diinginkan. Untuk pilihan download seperti ini tampilannya.


Kita juga bisa berkolaborasi untuk mendesain infografis yang kita buat bersama teman/orang lain dengan cara memilih share dan diberikan akses sebagai editor. Jika hanya sekedar membagikan hasil desain kita cukup hanya mengirimkan link yang didapat dari canva dan untuk akses di berikan view saja.


Berikut contoh infografis yang Bu Guru buat untuk latihan kali ini. 


Untuk templete yang ini bisa di lihat pada link canva tersebut. Terima Kasih sudah belajar bersama Bu Guru hari ini. 😊




Sekian dan Salam Literasi



Related

newsticker 3065734189274816263

Posting Komentar

  1. Wah, terimakasih ilmunya Bu Guru Liezna.
    nnati saya mau praktikan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat Bu Pipit..😊
      Terima Kasih telah berkunjung 🙏🏻🙏🏻

      Hapus

emo-but-icon

Follow Me !

Blogger news

Trending

Arsip Berita

Tayangan

Tabs

item