Membuat Presentasi Animasi dengan Powtoon

Halo, Apa Kabar hari ini ? Masih semangat belajar bareng Bu Guru kan ? Kali ini Bu Guru akan mengajak belajar bersama-sama tentang membuat Presentasi menggunakan Animasi dengan aplikasi Powtoon. Bosan kan kalau melihat presentasi Bu Guru hanya tampilan yang monoton alias yang itu-itu saja. Nah, dengan Aplikasi Powtoon, membuat presentasi Bu Guru menjadi lebih menarik dan menjadi percaya diri untuk melakukan presentasi. Yuk, mari kita mulai belajar !



Sebelumnya Bu Guru akan bertanya dulu apa itu Powtoon? Apakah pernah mendengarnya atau mungkin sudah ada yang mahir menggunakan. 😉 Untuk kali ini Bu Guru berasumsi bahwa belum ada yang tahu atau bahkan menggunakannya ya. Baiklah Bu Guru akan mulai dengan Apa sih Powtoon itu ? Powtoon adalah merupakan layanan online untuk membuat paparan atau presentasi yang memiliki fitur animasi yang sangat menarik, diantaranya adalah animasi tulisan tangan, animasi kartun, efek transisi yang lebih hidup serta pengaturan time line yang sangat mudah. Bagaimana, sampai disini paham kan ?

Nah, sekarang Bu Guru akan menunjukan cara mengakses powtoon. Karena aplikasi ini berbasis web, tentu kita harus berkerja dengan koneksi internet. 😊 Bu Guru akan mulai dengan membuka browser, browser yang Bu Guru gunakan adalah Google Chrome. Silakan buka browser di laptopnya masing-masing. Setelah itu ketikkan di address barnya alamat : https://www.powtoon.com/


Langkah selanjutnya, akan mendaftar untuk membuat akun pada Powtoon dengan mengklik Sign Up. Akan ada 2 pilihan, apakah mendaftar menggunakan akun Google atau bisa menggunakan akun Facebook. Jika menggunakan pilhan Facebook, maka pastikan bahwa akun Facebook telah terbuka di Laptop kita. Namun, untuk kali ini Bu Guru akan menggunakan akun Google yang katanya SSO atau Single Sign On. Kerenkan kalau kita punya akun Google, bisa masuk ke pintu aplikasi mana saja dengan menggunakan satu akun Google (asal bukan pintunya Doraemon 😀)


Setelah berhasil mendaftar dengan akun Google, maka selanjutnya akan diminta untuk memilih pfofesi. Dalam hal ini Bu Guru memilih Individu. 

 

Kemudian klik Next. Maka tampilan selanjutnya adalah seperti di bawah ini. Pilih Create untuk memulai Blank Presentation.


Setelah menekan tombol create, langkah selanjutnya adalah memilih orientasi layar kerja. Yang paling umum digunakan adalah yang bentuk Landscape atau 16:9 (Horizontal). Maka Bu Guru memilih yang bagian tengah dengan keterangan tulisan Horizontal.


Akan terbuka area kerja Powtoon dengan tampilan menu seperti di bawah ini. Sama halnya dengan Aplikasi pembuat presentasi lainnya, ada menu untuk menambahkan slide di sebelah kiri, di tengah merupakan area untuk bekerja, dan di sebelah kanan adalah properti yang akan digunakan pada area kerja.


Bu Guru akan memulai dengan mengisi slide pertama. untuk Slide pertama biasanya berisi tentang judul materi presentasi. Bu Guru akan mengganti latar belakang pada slide ini agar menjadi lebih menarik. Klik tools yang ada disamping kiri kemudian pilih Background.


Untuk memilih latar belakang, bisa dengan menggunakan warna yang sudah disiapkan oleh Powtoon atau bisa menambahkan sendiri gambar yang kita inginkan. Untuk hal ini Bu Guru memilih opsi mengambil gambar dari penyimpanan laptop dengan memilih Unggah latar belakang.



Setelah memilih latar belakang, langkah berikutnya adalah memilih karakter animasi yang akan disisipkan pada slide presentasi. Klik ikon orang yang berada dibawah ikon Text. Gulir kebawah untuk memilih karakter yang diinginkan. Oh iya, karena Bu Guru menggunakan aplikasi yang free, tentunya harus memilih karakter yang free juga. 😉 Jika memilih yang pro maka akan sulit saat mau melakukan export hasilnya nanti, karena akan diarahkan untuk membayar dengan jumlah tertentu. 


Saat memilih karakter, otomatis akan muncul style dari karakter yang kita pilih. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan kita.


Langkah berikutnya adalah menyisipkan teks pada slide. Sama seperti menyisipkan karakter, pilih ikon yang berada di sebelah kiri dengan lambang huruf "T" untuk memasukkan teks yang kita inginkan.


Ada tiga pilihan teks, apakah memilih teks untuk judul, ub judul atau teks untuk tubuh. Karena Bu Guru akan mengisi slide awal yang merupakan Judul, maka Bu Guru memilih Teks Judul. Bisa juga memilih opsi teks yang sudah dirancang oleh powtoon dengan menggulir ke bawah untuk memilih teks yang sesuai dengan keinginan kita.


Jika ingin menambahkan teks yang perlu diperhatikan adalah time line yang berada di bawah. Time line berfungsi untuk mengatur durasi yang akan digunakan oleh slide. Juga mengatur waktu kapan semua aminasi yang kita sisipkan pada slide akan ditampilkan. Kita juga bisa memberi efek pada tulisan / teks yang kita sisipkan pada slide. Bisa mengatur warna, jenis tulisan serta ukuran font yang akan digunakan dengan menekan tombol setting (lambang gigi roda).




Disamping bisa memberi efek pada tulisan, kita juga bisa menyisipkan gambar atau video pada slide kita. tergantung dari kebutuhan prsentasi. Menyisipkan Music bahkan menyisipkan rekaman suara kita dengan menekan tools yang ada di sebelah kiri.


Jika telah selesai mendesain, kita ingin melihat hasil desain, silakan klik pratinjau yang berada di sudut kiri atas. Jika sudah sesuai dengan kebutuhan tinggal siap di eksport dengan menekan tombol ekport. Jika hanya sekedar membagikan link maka silakan klik share.





Untuk pilihan eksport, karena Bu Guru hanya menggunakan yang free, maka Bu Guru tidak bisa mendownload dalam bentuk video (MP4). Jika ingin mengunduh dalam bentuk video maka kita harus mendaftar ke akun pro untuk mendapatkan fasilitas itu. Selain itu karena Bu Guru menggunakan yang Free pastinya akan ada watermarknya. 😀

Satu-satunya yang bisa Bu Guru lakukan adalah dengan membagikannya ke akun Youtube dulu. Agar presentasi animasi yang sudah Bu Guru buat bisa tersimpan di channel youtube Bu Guru. Nah, ini ada contoh Presentasi Sederhana yang sudah Bu Guru buat. Disimak ya ! Jangan lupa untuk LCSnya. Terima kasih 😊

 


Sekian dan Terima Kasih.
Salam Literasi



Related

Video 538293431141674821

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Me !

Blogger news

Trending

Arsip Berita

Tayangan

Tabs

item