Mengenal Plotagon "Belajar Animasi dengan Tokoh Kartun"

Halo, apa kabar semuanya..!! Senang sekali rasanya bisa bersua meskipun hanya lewat dunia maya. Hari ini Bu Guru mengajak belajar tentang bagaimana membuat sebuah animasi untuk media pembelajaran berupa video dengan menggunakah "tokoh kartun" dengan aplikasi Plotagon. Sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Oh, iya Plotagon juga bisa digunakan untuk pembuatan animasi-animasi lain seperti video animasi iklan untuk memperkenalkan suatu barang atau tempat wisata. Atau bisa juga untuk membuat video cerita dongeng untuk anak-anak, jadi bukan hanya untuk video pembelajaran saja tentunya. Namun, untuk kali ini Bu Guru akan menunjukkan bagaimana caranya membuat video pembelajaran animasi dengan Plotagon. 


Sebelum lanjut ke pembuatan video, Bu Guru harus menjelaskan dulu apa itu Plotagon ? Plotagon adalah aplikasi untuk membuat animasi 3D yang bisa disesuaikan/dipilih pemeran dan karakter tokohnya, menentukan dialog serta bisa diisi suara oleh orang lain atau dubbing. Nah, menarik sekali bukan ? Jadi kita bisa menetukan sendiri pemeran dalam video kita serta kitapun bisa menjadi dubber dalam video yang kita buat, bisa juga diselipkan teks untuk prolognya.

Nah, setelah tahu apa itu Plotagon, selanjutnya Bu Guru akan menunjukkan langkah-langkah pembuatan video menggunakan plotagon. Tentunya naskah atau skenario dari video telah disiapkan terlebih dahulu sehingga saat pembuatan video nantinya akan mengacu pada naskah/skenario yang sudah dibuat. Dalam membuat Video Plotagon, bisa menggunakan Laptop/Komputer atau bisa juga menggunakan Hp (Android,iPhone). Namun untuk kali ini Bu Guru menggunakan hp untuk memudahkan melakukan pengeditan yang akan dikolaborasikan dengan aplikasi editing video Kinemaster untuk menggabungkan setiap scene yang dibuat dari aplikasi plotagon.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendownload aplikasi Plotagon. Aplikasi ini bisa didownload gratis di play store/ app store. Untuk Bu Guru menggunakan iPhone jadi downloadnya menggunakan App store.
  
 

Setelah selesai didownload, langkah selanjutnya adalah menginstal aplikasi tersebut di hp. Setelah selesai diinstal, silakan buka lambang ikon camera seperti gambar di bawah ini. Setelah terbuka maka akan mendapatkan tampilan seperti dibawah ini.



Akan terbuka tampilan dengan menu Create Video. Di sinilah tempat untuk membuat cerita dan mendesain karakter dari tokoh/pemeran dalam video yang akan dibuat. Untuk membuat cerita silakan klik create video, maka akan tampil layar putih sebagai tempat untuk menampilkan tempat/latar atau lokasi kejadian dengan tulisan white room. Silakan klik white room untuk memilih tempat/latar atau lokasi.  dan untuk mendesain karakter dari tokoh silakan klik actor pada kolom No Actor. 


Sebelum membuat cerita, langkah pertama adalah menentukan lokasi atau latar, contoh latar yang Bu Guru pilih adalah Cafe. Setelah itu Bu Guru menentukan tokoh pemeran dari video yang akan dibuat. Jadi harus memilih tab menu characters terlebih dahulu. Lalu pilih Create new characters.
 

Untuk mendesain karakter tokoh, yang pertama dilakukan adalah memilih jenis kelamin tokoh. Bu Guru memilih tokoh perempuan sebagai contoh kali ini. Langkah selanjutnya memilih warna kulit, jenis rambut sampai dengan asesoris yang digunakan. Sampai jadilah karakter tokoh yang sesuai dengan naskah video.




Setelah selesai membuat karakter tokoh sesuai dengan naskah video, langkah terakhir memberi nama pada tokoh tersebut, ini untuk memudahkan saat mengidentifikasi tokoh yang akan digunakan dalam menambahkan dialog. Kalau sudah selesai klik tanda X untuk menutup tab karakter. Dan tampilan akan kembali ke menu video.


Pada kolom actor sekarang telah ditambahkan karakter tokoh yang telah dibuat, yang Bu Guru beri nama Bencong. Kemudian tokoh bencong yang berada dalam cafe akan Bu Guru tentukan posisinya berada dimana, dengan cara mengganti tulisan yang ada pada "to the left at the counter" menjadi counter (left) artinya posisi tokoh bencong berada di counter sebelah kiri.


Selanjutnya Bu Guru akan menentukan seperti apa gaya dari tokoh bencong dengan mengganti tulisan menjadi Suspicious.

 

Langkah berikutnya adalah menambahkan dialog pada tokoh bencong, dengan mengklik ikon callots (komentar) yang berada di bawah. Isikan teks kosong dengan dialog yang sesuai dengan naskah video yang telah dibuat sebelumnya. Contoh Bu Guru menuliskan kalimat Apa yang dijual disini ?



Ulangi sampai semua tokoh / karakter telah mendapatkan dialognya masing-masing. Untuk mengisi dialog dari tokoh karakter yang dibuat, bisa juga dengan menggunakan suara sendiri dengan mengklik ikon mic yang ada di samping text. Dengan mengklik ikon mic, maka bersiap untuk melakukan proses perekaman suara atau dubbing untuk menjadi dialog tokoh karakter. Saat mengambil rekaman suara, ikon mic sambil ditekan, jika telah selesai silakan dilepas. Rekaman suara bisa diputar kembali atau diganti dengan rekaman baru apabila dirasa rekaman yang telah diambil sebelumnya terasa kurang pas dengan naskah yang telah dibuat.


Berikut contoh video pembelajaran singkat yang sempat Bu Guru buat. Silakan disimak.

   

Oh iya jangan lupa Like, Comment dan Sucsribenya ya. Bu Guru mengucapkan Terima Kasih karena telah belajar bersama Bu Guru hari ini. Semoga besok-besok masih sudi berkunjung ke blog dan belajar bersama Bu Guru. 😊



Sekian dan Terima Kasih.
Salam Literasi


Related

Video 3881875423025467246

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Me !

Blogger news

Trending

Arsip Berita

Tayangan

Tabs

item