Ternyata Teknik Menulis Seorang Blogger Pemula Seperti Ini !

Oleh : Liezna Nasaru


Jumat, 11 Februari 2021 adalah merupakan hari terakhir pemaparan materi dalam rangkaian kegiatan Workshop 1001 Guru Nge-Blog. Pematerinya adalah Bapak Fathur Rachim, S.Kom, M.Pd, yang merupakan seorang Master dalam dunia Blogger maupun Vlogger. Judul materi hari ini adalah “Menulis Blog, menjadi Conten Creator ?

Profil singkat sang Master

Mengawali pemaparannya, sang Master memberikan tayangan slide yang berisi pertanyaan. Pertanyaannya adalah seperti di bawah ini.

Apa itu Content Creator? 

Menurut sang Master, defenisi creator adalah pembuat isi dari sebuah media. Jadi content creator bisa saja adalah seorang Blogger atau Vlogger. Mengapa Blogger atau Vlogger dikatakan sebagai seorang content creator ? Karena seorang Blogger atau Vlogger adalah orang yang secara terus-menurus membuat konten pada media yang sama, tidak termasuk seorang penulis buku. 
Mengapa penulis tidak termasuk sebagai content creator ? Menurut sang Master, penulis buku setelah bukunya dipublikasikan maka proses menulis akan berhenti sampai disitu dan ketika proses menulis dilanjutkan akan berpindah pada buku atau media lainnya. 

Apakah sama antara Vlogger dan Blogger?

Antara Vlogger dan Blogger memiliki perbedaan yaitu terletak pada konten atau isi media. Seseorang  dikatakan Vlogger apabila membuat konten secara terus menerus menambah atau membuat konten ke media yang sama dalam bentuk video. Vlogger akan berganti nama sesuai dengan media yang digunakan. Contoh jika Vlogger menggunakan media Youtube maka akan menjadi Youtuber, jika menggunakan Tik-tok maka akan menjadi Tik-toker
Sedangkan Blogger adalah pembuat konten dalam bentuk tulisan secara terus menerus dengan menggunakan media yang sama, yaitu blog. 

Apakah hanya itu saja yang termasuk content creator ? Masih ada, selain bentuk tulisan dan video, ada pula content creator dalam bentuk audio. Contohnya konten audio seperti Radio, Podcast. Jadi seorang content creator adalah semua yang membuat konten, baik itu dalam bentuk tulisan, video, audio atau kombinasi ketiganya, tidak termasuk penulis buku. Namun defenisi ini akan berubah sesuai dengan perkembangan zaman. 

Bagaimana teknik mencari ide menulis di blog?


Berdasarkan pengalaman sang Master, bahwa dalam mencari ide menulis setiap orang itu berbeda. Perbedaan karakter dalam menulis atau mencari ide bergantung pada apa yang akan ditulis atau media yang digunakan. Seorang yang akan menulis tulisan resmi (Karya Ilmiah, PTK, Jurnal, Tesis) di buku akan berbeda karekternya dengan seorang yang akan menulis di blog. 

Sang Master mengungkapkan, bahwa untuk menulis tulisan resmi maka akan ada aturan-aturan tertentu yang harus diikuti. Namun untuk menulis dalam sebuah blog agak sedikit bebas atau tidak ada aturan yang mengikat untuk membuat sebuah tulisan. Hanya saja yang akan membedakan tulisan dalam blog adalah sifat.dari konten tersebut. Contoh, misalkan jika konten berita maka harus mengikuti aturan dalam hal penulisan berita, berbeda dengan conten yang berisi cerpen atau lainnya.     

Teknik mencari ide menulis di blog menurut sang Master ada 2 yaitu :

1. Menjawab pertanyaan
Bagaimana caranya ? Carilah sebuah pertanyaan, lalu jawablah pertanyaan itu. Dari menjawab pertanyaan ini kemudain bisa dikembangkan menjadi sebuah paragraf. Bagaimana mencari pertanyaan? Bisa mengambil ide dari berita yang lagi hits atau sedang popular diperbincangkan. Pemilihan pertanyaan atau berita harus benar-benar bagus karena akan menjadi ide pokok dalam menulis. 

2. "Kepoin" Gambar/File/Video/Komentar
Banyak hal yang bisa menjadi ide atau bahan dalam menulis. Bisa meng"kepo" atau mengambil sebuah gambar, video, file yang dibagikan di media sosial, WA Grup atau bahkan komentar pun bisa menjadi bahan untuk menulis.

Bagaimana mengembangkan ide menjadi tulisan?

Setelah menemukan ide, langkah selanjutnya mengembangkan pertanyaaan menjadi paragraf dengan menggunakan pola/teknik pendekatan yang banyak digunakan orang. Ada 3 teknik yang digunakan dan ketiganya cocok digunakan dalam membuat sebuah konten cepat atau konten seketika, ketiga teknik yaitu : 
1. Teknik 5W +1H (What, Who, When, Where + How). 
2. Teknik STAR (Situation-situasi, Task-tugas/pekerjaan, Action-tindakan, Result-hasil)  
3. Teknik DSN (Dulu, Sekarang dan Nanti)


Untuk membuat sebuah tulisan bisa dimulai dari menjawab pertanyaan dengan menggunakan teknik 5W+1H, STAR, atau bisa menggunakan teknik DSN. Seperti yang dicontohkan oleh sang Master adalah membuat tulisan dengan menjawab pertanyaan, siapakah saya? 

Dari pertanyaan ini, bisa dikembangkan menjadi sebuah paragraf dengan menggunakan teknik di atas. Contoh jika menggunakan teknik DSN, maka sudah bisa menghasilkan tulisan dengan tiga paragraf, yang berisi bagaimana keaadan "siapa" waktu dulu, waktu sekarang dan waktu nanti/yang akan datang.  


Dengan mengkepo atau mengambil ide tulisan dari sebuah gambar, bisa dimulai dengan komentar dari sudut pandang penulis. Atau membahas tokoh yang ada dalam gambar tersebut dengan menggunakan ketiga teknik diatas. Dari situlah kemudian akan lahir sebuah tulisan.

Memposting Tulisan 


Sebelum tulisan diposting, ada 3 hal yang harus diperhatikan oleh seorang penulis pemula, yaitu :
1. Judul harus Menarik
Menurut sang Master, judul yang menarik itu adalah judul yang Out of The Box (judul yang tidak biasa), Provokatif (memancing rasa ingin tahu orang lain) dan harus Aman. Sebuah tulisan akan banyak dikunjungi oleh pembaca ketika judulnya menarik dan memancing rasa ingin tahu orang, namun harus aman, agar tidak terkena pasal undang-undang ITE. 
Contoh judul yang menarik, provokatif namun aman adalah Ujian Sekolah tidak ada gunanya, Benarkah? Judul ini manarik, bernilai provokatif namun menjadi aman, karena di belakang judul beubah menjadi sebuah pertanyaan.   

2. Cover Menarik
Tulisan akan menarik minat pembaca ketika disertai dengan foto yang memperkuat tulisan. Terkadang orang akan tertarik hanya dengan melihat cover atau foto yang terdapat dalam tulisan, sehingga dengan sendiriya pembaca tersebut akan berminat untuk melihat tulisan yang diposting.  

3. Menyebutkan Sumber
Tulisan yang memuat tulisan/postingan orang lain, maka sebaiknya harus menyertakan sumber tulisan. 

Bagaimana menjadi Blogger Aktif ?


Untuk menjadi seorang Blogger yang aktif, harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
1. Harus menjadi pereportase yang Pertama
Tulisan harus menjadi yang pertama kali saat mendapatkan berita atau informasi yang sedang hits atau popular, karena jika tulisan sudah menjadi yang kesekian, maka orang atau calon pembaca tidak akan tertarik atau melirik tulisan yang dibuat. 

2. Buat Tulisan yang Awet
Buatlah tulisan yang akan dicari atau digunakan secara terus-menerus. Contoh buatlah tulisan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan Angka kredit kenaikan pangkat (Permeneg PAN & RB No. 16 2009, pasal 17). Maka tulisan ini akan terus dicari orang, karena setiap tahunnya ada orang yang akan mengurus kenaikan pangkat dan memerlukan informasi ini sampai nanti Permennya berubah. 

3. Publikasi dan Promosi
Bagaimana tulisan biar dikenal orang? Maka tulisan memerlukan publikasi dan promosi. Bisa menggunakan media sosial yang dimilik atau media promosi lainnya.

4. Tulisan Jenuh / Bersambung
Blogger aktif harus menghindari tulisan jenuh yang berisi basa-basi yang mmbuat pembaca bosan. Namun berbeda ketika membuat tulisan bersambung malah terkadang membuat pembaca penasaran/ketagihan untuk terus mengunjungi atau menantikan tulisan selanjutnya. 

5. Protect dan Interactive Comment
Blog harus diprotek untuk meminimalisasi pengcopi-an dari pihak-pihak lain yang tidak bertanggung jawab, sehingga ketika ada yang mengadaptasi atau mengambil tulisan akan meminta izin terlebih dahulu. Juga harus menyediakan fasilitas komen dan menjawab setiap komentar/pertanyaan yang muncul dalam tulisan di blog.

Di penghujung waktu, menyelesaikan tugas resume yang sempat tertunda karena raga ini sudah tidak mampu bertahan dengan serangan tugas yang bertubi-tubi. 😢 
Berharap kedepannya akan dapat menyelesaikan tugas tepat waktu dan bisa menyelesaikan workshop ini sampai akhir. (Berjuang sampai titik nadir)

Sekian dan Terima Kasih.
Salam Literasi

Related

newsticker 3230720588079024423

Posting Komentar

  1. Waw...!! Keren banget ini buu... jadi terharu..wkwkwkwk..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Bu Etik, atas Apresiasinya..
      Tetap Semangat dan menginspirasi..
      Salam Literasi :)

      Hapus
  2. ikut bersuka cita atas terpublikasinya weblog ibu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak.
      Alhamdulillah Pak Master mengapresiasi karya Alumni 1001 Guru Nge-Blog.
      Semua alumni karyanya bagus dan luar biasa :)
      Tetap semangat dan terus menebar inspirasi
      Salam Literasi..

      Hapus
  3. Wah....mantap bu. Senang bisa nulis sebagus itu. Selamat bu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Bu Nur.. 🙏🏻
      Masih dalam tahap belajar juga Bu..
      Tetap semangat dan terus menginspirasi..💪
      Salam Literasi..🙏🏻😊

      Hapus

emo-but-icon

Follow Me !

Blogger news

Trending

Arsip Berita

Tayangan

Tabs

item